Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kabarss info | Tradisi Jawa Malam 1 Suro

Kabarss info muh.Nofrijadi
Pecinta keris nofri dan keris kesayangannya keris dapur Blorong pamor wekon isen


Budaya -Malam suro malam yang di tunggu-tunggu para pecinta pusaka, bertepatan di hari Jum'at 29 juli 2022 yang bertepatan dengan malam sabtu 30 juli 2022 atau 1 muharram 1442 H atau tahun baru islam 1444 Hijriah yang lebih dikenal lagi dengan sebutan 1 suro.

Bagi orang Jawa malam 1 suro sudah suatu tradisi atau adat yang sudah melekat dan turun temurun dari nenek moyang kita dan merupakan suatu hal yang sudah tidak asing lagi.

Baca juga : cerita horor pesugihan tuyul

Malam 1 suro adalah malam sakral dan biasanya identik dengan perklenikan atau perdukunan, Biasanya dibuat untuk menjamas atau memandikan keris, Membooster jimat dan mengasah ilmu "ujar Gus yon (guru spiritual asal Surabaya)"

Seperti yang dilakukan nofri (salah satu pecinta pusaka gresik) setiap malam 1 suro dia selalu menjamas keris miliknya yang termasuk pusaka warisan turun temurun dari kakek buyutnya.

Baca juga : wajib tau perbedaan Arwah, Jiwa ,Sukma dan roh

"Ngumbah keris itu bukan hal yang syirik karena kesyirikan seorang tidaklah di lihat dari bendanya, tapi di lihat dari hati atau niatnya" Ujar Nofri sambil menyiapkan peralatan dan ubo rampe.

Ubo rampe bukanlah alat untuk mengundang, Mendatangkan atau memuja barang ghaib tetapi itu hanya media berupa wangi wangian agar pusaka kita berbau wangi, agar keris tidak mudah keropos atau berkarat 

Menjamas keris itu salah satu cara untuk mewujudkan rasa syukur kita kepada Tuhan dan menghargai hasil karya para leluhur bangsa ini 

"Menurut nofriKeris adalah warisan leluhur yang harus dilestarikan jangan sampai warisan leluhur kita jatuh dan diakui oleh negara negara lain.

Setiap keris mempunyai nilai seni dan arti filosofi tersendiri. Orang luar Indonesia banyak yang kagum dengan keris tapi kenapa kita yang orang Indonesia sendiri malah mengatakannya syirik dan banyak para pemuda yang merasa malu ketika melihat atau memegang keris.

Baca juga : syair cinta budak nafsu bertopeng ratu

Mari kita kenalkan pusaka asli Indonesia kepada anak-anak kita sejak dini, Meskipun banyak budaya asing yang masuk ke indonesia tapi jangan sampai budaya kita sendiri hilang.

Kabarss info malam suro
Salah satu koleksi keris dari nofri (pecinta keris) asal Surabaya