Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

HUT INDONESIA, 4000 Pendaki Akan Kibarkan Bendera Indonesia Di Puncak Gunung Penanggungan

Kabarss HUT RI


Mojokerto, Ribuan pendaki diprediksi bakal memeriahkan HUT RI ke-77 di Tahun 2022 di Gunung Penanggungan

Sebanyak 4.000 pendaki mulai mempersiapkan upacara bendera di tiga titik yang ada di area puncak Gunung Penanggungan.

Titik pertama berada tepat di puncak Gunung Penanggungan. Di lokasi tersebut akan ada pengibaran bendera sepanjang 400 meter. Kemudian, titik kedua berada di Puncak Bayangan, dan titik ketiga di Puncak Gunung Bekel.

Sekretaris LMDH Sumber Lestari, Khoirul Anam mengatakan pada HUT RI Tahun 2022 ini memang akan ada tiga lokasi upacara bendera yang dikoordinasikan dengan tiga komunitas pecinta alam.

“Yang di puncak itu dikordinasi sama Team Stress Adventure, kemudian yang di Puncak Bayangan dikordinasikan sama Indonesia Eagle. Kedua upacara para pendaki melalui jalur via Tamiajeng. Kemudian yang ada di Gunung Bekel itu via Jalur Seloliman,” katanya dikutip dari Kliktimes pada Sabtu (12/8/2022).

Dia menjelaskan, upacara bendera kali ini juga akan diberangkatkan langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati. Untuk itu, pihak pengelola Gunung Penanggungan juga telah melakukan persiapan.

Di antaranya, kesiapan ratusan personel atau rescue yang terdiri dari Welirang Community, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU, Bagana, SAR Penanggungan, Tagana Kabupaten Mojokerto hingga BPBD, dan juga mobil siaga untuk menjaga keamanan ribuan pendaki. Ratusan petugas rescue atau relawan ini akan ditempatkan disejumlah pos. Mulai dari pos 2, pos 3, pos 4, pos di Puncak Bayangan.

Jumlah pendaki yang ingin terlibat dalam kegiatan kali ini membeludak karena momen perayaan pengibaran bendera di Gunung Penanggungan sempat ditiadakan karena mewabahnya Covid-19 dua tahun terakhir.

“Jumlah pendaki pada momen tersebut akan naik dibandingkan hari-hari biasa. Kita prediksi bisa mencapai 4.000 pendaki, itu terdiri dari beberapa jalur menuju puncak. Tapi paling banyak jelas via Tamiajeng karena ramah untuk pendaki pemula,” katanya.