Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pencipta Lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet Muncul, Sampaikan Minta Maaf

 

Kabarss lagu viral


Kabarss, Pencipta lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet akhirnya muncul setelah lagu tersebut menuai kritik dari beragam pihak, termasuk ulama Nahdlatul Ulama (NU), Gus Muwafiq.

Gus Muwafiq menilai pengarang lirik lagu tersebut tidak mengetahui sejarah. Menurut dia, Joko Tingkir bukan orang sembarang. Joko Tingkir merupakan ulama besar yang menurunkan ulama-ulama di Jawa.

Baca juga : cerita Dinda tragedi kereta senja

Joko Tingkir adalah kakek ke-3 dari KH Muhammad Hasyim Asy’ari, pendiri Nahdlatul Ulama. Nasab Joko Tingkir bertemu dengan Maulana Ishaq, ayah Sunan Giri, salah satu Wali Songo yang telah berjasa besar dalam mendakwahkan Islam di Nusantara.

Oleh sebab itu, pencipta lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet ini membuat video permintaan maaf atas ketidaktahuannya soal Joko Tingkir. Pasalnya, dia mengaku tidak paham dengan sosok Joko Tingkir yang ternyata ulama besar.

“Saya meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Lamongan dan pihak-pihak yang tersinggung dan kurang berkenan karena saya telah membuat lirik lagu menggunakan nama Joko Tingkir,” ucap dia dalam video yang tayang di kanal Youtube TAMA HALU 008.

“Saya mohon maaf sebesar-besarnya karena ketidaktahuan ketidakpahman saya di balik nama Joko Tingkir ini sosok ulama besar dan dihormati di Jawa. Saya mohon maaf tidak ada niatan saya untuk melecehkan nama beliau,” tambah dia.

Pencipta lagu Joko Tingkir Ngombe Dawet yang juga pemilik kanal Youtube TAMA HALU 008 itu menyebut telah mengubah lirik lagu yang membuat Gus Muwafiq meradang tersebut.

“ Saya juga di channel saya sudah mengubah liriknya tidak menggunakan Joko Tingkir lagi dan tolong dimaafkan karena ketidaktahuan saya tentang Joko Tingkir,” ujar pria yang mengenakan sweater warna hitam dalam video berdurasi tiga menit itu.